Selasa, 12 Maret 2013

Perbedaan Virus dan Bakteri


Virus sangat berbeda dari bakteri. Virus merupakan makhluk hidup yang paling kecil dan paling sederhana yang dikenal. Virus berukuran10 hingga 100 kali lebih kecil daripada bakteri. Perbedaan yang paling mendasar antara virus dan bakteri adalah bahwa virus memerlukan inang yang hidup – seperti tumbuhan atau hewan – untuk berkembang biak, sedangkan kebanyakan bakteri dapat tumbuh pada benda yang tidak hidup.

Juga, tidak seperti bakteri, yang menyerang tubuh bagaikan tentara yang menyerbu dalam peperangan, virus menyerang secara gerilya. Mereka tidak menyerang secara langsung, melainkan menyusup ke dalam sel. Virus menyerang sel-sel manusia dan mengubah materi genetik sel tersebut dari fungsi normalnya untuk memproduksi virus.

Selain itu, bakteri memiliki semua yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang biak, sedangkan virus hanya membawa informasi – misalnya DNA atau RNA, yang terkemas dalam selubung protein dan/atau membran. Virus menggunakan peralatan sel inangnya untuk berkembang biak. Dengan kata lain, virus tidak benar-benar “hidup”, tetapi lebih merupakan informasi (DNA atau RNA) yang berkeliaran sampai menemukan inang hidup yang sesuai.


0 komentar:

Poskan Komentar